Cara Kerja Agency Digital Marketing – Ultimatoom

Daftar Topik Bahasan

Hai.. selamat datang di artikel ini.
Kami ucapkan terima kasih sebelumnya karena sampai tahap ini Anda akan mengenal lebih jauh mengenai Ultimatoom Digital. Bagi Anda yang ingin menonton versi video, silahkan tonton youtube di bawah ini.

Dan Tentu kami sangat meyakini, Anda membaca artikel ini bukan saja faktor kebetulan. Karena kami telah mengoptimasi berbagai saluran pemasaran, agar dapat dengan mudah ditemukan oleh Anda. Baik melalui mesin pencari google, media sosial atau melalui media partner kami.

Kami menargetkan orang-orang seperti Anda, yang sedang membutuhkan informasi mengenai pemasaran digital untuk pengembangan bisnisnya. Sehingga, Anda dapat terhubung dengan halaman pemasaran kami dan dapat menonton video diatas atau dengan cara membaca artikel ini.

Visi dan Misi Ultimatoom

Ultimatoom Digital sebagai agency digital marketing memiliki visi bisnis sebagai berikut:

“Menjadi perusahaan start-up yang berorientasi terhadap pertumbuhan UMKM dan Bisnis Lokal di Bandung dengan prinsip kolaborasi saling menguntungkan”

Dengan visi tersebut, Ultimatoom Digital menyusun misi untuk
-Menjadi mitra bisnis UMKM dalam pemanfaatan Teknologi sebagai sarana pemasaran
-Bersinergi dengan perusahaan/lembaga/organisasi dalam hal pemasaran digital

Ultimatoom digital berada dibawah naungan badan hukum PT Ziantara Ultima Sakti yang berkedudukan di Bandung. Dengan adanya legalitas ini, membuat Ultimatoom Digital lebih leluasa dalam mengembangkan bisnisnya. Termasuk untuk dapat bersinergi dengan perusahaan swasta maupun lembaga pemerintahan atau dengan bisnis Anda saat ini.

Lalu Bagaimana Agency Digital Marketing Bekerja untuk Anda?

Team Work

Kami mengutamakan kerjasama team baik secara internal maupun eksternal dalam hal ini adalah Anda sebagai klien dan tidak menutup kemungkinan juga bersinergi dengan vendor lainnya. Kerjasama tim adalah syarat utama agar pencapaian goals campaign marketing sesuai dengan harapan bersama.

Kreatifitas

Kreativitas akan melahirkan inovasi. Kita tahu bahwa digital marketing saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang dan sudah banyak sekali dilakukan bahkan oleh semua elemen masyarakat. Ini artinya, yang menjalankan digital marketing tidak hanya Anda, tapi juga pesaing Anda. Oleh karenanya peru ada sentuhan kreativitas yang akan membuat campaign Anda berbeda dibandingkan yang lainnya.

Passion

Kami merekrut Team sesuai dengan passion masing-masing. Karena bekerja di ranah pemasaran digital, bukan sebatas pelaksanaan SOP semata. Masing-masing divisi harus dapat mengeksplorasi potensinya, dan semua itu akan menjadi optimal ketika didukung oleh passion individunya.

Keterbukaan

Prinsip keterbukaan menjadi sangat esensial apabila ultimatoom melakukan kerjasama dengan klien. Karena dengan adanya keterbukaan, akan sangat menentukan dalam melakukan proses analisa dan evaluasi. Antara ekspektasi Anda sebagai klien dan juga ultimatoom sebagai eksekutor harus saling support dan selalu berjalan relevan.

Baca juga: 3 Kiat Memilih Perusahaan Digital Marketing

Apa yang Harus Dipersiapkan?

Untuk memulai bekerja, team ultimatoom akan melakukan berbagai persiapan setelah kontrak ditandatangani. Ya! Setelah kontrak ditandatangani. Persiapan pertama adalah dengan melakukan analisa terhadap target market Anda.

Pemasaran digital bukanlah sulap “sim salabim abra kadabra”
Kami bekerja berdasarkan analisa data. Baik insight media sosial, maupun data existing dari bisnis Anda yang sudah berjalan selama ini. Kami akan melakukan pemetaan awal,
dengan langkah-langkah teknisnya sebagai berikut:

Profile Audiens

Membuat profile audiens, kami akan melihat di range usia berapa tahun market potensial Anda. Untuk kemudian menentukan prioritas pertama, kedua dan ketiga.

Perlu diingat, jumlah pengguna media sosial itu memang banyak. Akan tetapi, target market Anda sudah tentu bukan mereka semuanya kan? melainkan hanya beberapa persen saja. Inilah mengapa segmentasi itu perlu dilakukan. Agar aktivitas marketing lebih terarah dan budget tidak terbuang percuma.

Menentukan Platform

Setelah mengetahui profile 1, 2 dan 3 barulah kami akan menentukan paltform atau media apa yang akan digunakan. Mengingat, antara pengguna facebook dan pengguna instagram itu memiliki perbedaan karakteristik. Ketika produk Anda bisa dipasarkan di facebook belum tentu hal itu dapat berjalan dengan baik juga di instagram. Behaviour pengguna masing-masing platform itu berbeda, oleh karenanya algoritma masing-masing platform pun pasti berbeda. Dan untuk optimasinya pun sudah pasti berbeda juga.

Buyer Persona

Setelah selesai mengidentifikasi profile dan juga menentukan platform apa yang akan digunakan, barulah kami akan membuatkan untuk Anda buyer persona.

Buyer persona adalah gambaran spesifik mengenai siapa target market ideal Anda. Apa saja aktivitasnya, apa profesinya, apa saja hobinya, dan bagaimana mereka beraktivitas di media sosial. Menciptakan buyer persona dapat membantu kami memahami target market lebih mendalam. Dan ujungnya, akan mempengaruhi strategi copywriting dan juga penentuan karakter desain grafis sebagai media komunikasi visual dengan mereka.

Sampai disini, Anda sudah memahami langkah awal yang akan kami lakukan dalam membedah siapa target market bisnis Anda. Tetaplah fokus membaca artikel ini untuk menyimak langkah selanjutnya.

Analisa Kompetitor

Berikutnya adalah analisa kompetitor. Jika produk atau jasa bisnis Anda adalah satu-satunya, mungkin langkah ini tidak terlalu dibutuhkan. Tapi apa jadinya, jika ternyata orang yang menjual produk/jasa seperti Anda ada banyak diluaran sana. Maka tentu saja, melakukan analisa kompetitor menjadi langkah yang wajib dilakukan.

Analisa Akun Media Sosial

Kami akan mencari 3 sampai 5 kompetitor bisnis Anda, dan melakukan analisa terhadap akun media sosial mereka. Apa saja keunggulan mereka dan juga apa saja kelemahannya. Dengan demikian, kita akan mendapatkan gambaran seperti apa seharusnya akun media sosial milik bisnis Anda dioptimasi.

Analisa Produk

Selain akun media sosial, kami juga akan melakukan analisa produk. Apakah produk Anda memilik perbedaan dengan produk kompetitor, jika iya… apakah perbedaan tersebut positif atau sebaliknya?. Analisa produk ini sekaligus menjadi langkah awal tim kami mendalami produk knowledge atas bisnis Anda.

Goals dan Strategy

Goals dan strategi ini akan mengikuti tergantung dari paket mana yang Anda pilih. Dan apabila ada kebutuhan yang tidak tersedia didalam paket yang ada, maka semuanya bisa dikoordinasikan terlebih dahulu.

Fish Bone Analysis

Sebelum membahas lebih jauh mengenai goals marketing, ada baiknya kita ulas secara singkat, bagaimana analisa fish bone berikut ini.

Setiap pebisnis, tentu saja menginginkan hasil akhir dari aktivitas marketing adalah terjadinya peningkatan penjualan. Dalam analisa fish bone ini, kita dapat melihat bahwa goals Anda adalah meningkatnya pendapatan bisnis ada di bagian ujung sebelah kanan.

Sementara untuk mengarah kesana, ada beberapa point yang harus dipersiapkan. Minimalnya ada 6 point yaitu :

  1. Storage / Gudang
  2. SDM / People
  3. Pelayanan / Service
  4. Packaging
  5. Shipping
  6. Digital marketing

Dari enam point tersebut, ultimatoom sebagai agency digital marketing hanya menangani satu saja yaitu digital marketing. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya apabila proses marketing sudah dijalankan namun ditengah proses penjualan ternyata kehabisa stok. Atau ketika proses marketing sudah mendatangkan leads, respon dari customer service sangat lambat. Tentu saja hal ini dapat membuat aktivitas penjualan jadi terhambat.

Singkatnya, ketika Anda menginginkan terjadi peningkatan penjualan, bukan hanya dari sisi pemasaran saja yang harus dipersiapkan, semua divisi pun harus siap dan bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya.

Goalds & KPI (Klien dan Agency Pemasaran Digital)

Goals adalah capaian keberhasilan yang diinginkan oleh klien. Dan tim ultimatoom sebagai agency digital marketing, akan membuat beberapa KPI (Key Performance Indikator) yang relevan dengan goals tersebut untuk memudahkan mengukur efektivitasnya.

Beberapa goals yang ditawarkan adalah:

Awareness

Ini adalah aktivitas paling mendasar, dimana tujuan utamanya adalah membangun kesadaran terhadap brand dan juga produk Anda. Orang-orang harus tahu brand Anda itu ada, mereka harus tahu apa manfaat dari produk Anda.

Engagement

Engagement adalah aktivitas interaktif dengan audiens yang sesuai dengan target market Anda. Dengan membangun interaksi, tujuan atas brand relationship lebih mudah dibentuk, baik kepada mereka yang belum pernah memnggunakan produk Anda, maupun mereka yang sudah pernah agar terjadi repeat order berikutnya.

Leads

Proses ini sudah mendekati menuju closing (transaksi). Leads yang masuk bisa dalam bantuk kontak whatsapp, email maupun DM/Inbox melalui media sosial. Leads yang terjadi harus direspon sebaik mungkin dan dikonversi menjadi transaksi. Disinilah pentingnya skill closing untuk team customer service Anda.

Sales

Sales adalah puncak dari rangkaian aktivitas marketing yang diharapkan. Sales bisa melalui website, atau transaksi melalui marketplace. Proses closing akan diarahkan sesuai dengan kesiapan Anda. Apakah sudah memiliki website sendiri yang terhubung dengan payment gatewat, atau mau diarahkan ke akun marketplace Anda.

Pembaharuan strategi

Pembaharuan akan dilakukan setiap bulan. Atau bisa mengikuti berdasarkan tanggal kontrak ditandatangani. Evaluasi setiap bulannya dapat dilakukan dengan cara meeting tatap muka maupun melalui video conference. Pada saat proses evaluasi, klien juga dapat menyampaikan analisa dan juga evaluasinya untuk melengkapi apa yang akan dilakukan oleh tim ultimatoom. Agar evaluasi ini dapat dilangsungkan secara seimbang antara pandangan Anda sebagai klien dan juga pandangan dari tim ultimatoom, dalam upaya mencari perbaikan yang seoptimal mungkin.

Baik kiranya cukup sekian artikel kali ini, semoga dapat menjawab pertanyaan Anda yang saat ini sedang mencari agency digital marketing sebagai mitra kesuksesan bisnis Anda. Tidak ada hasil yang sia-sia dari setiap upaya yang dilakukan. Karena kesia-siaan sesunggunya adalah ketika Anda melewatkan waktu dan kesempatan yang ada untuk bertumbuh, namun dibiarkan berlalu begitu saja. Salam!

Konten Terbaru Lainnya

Jasa Pembuatan Website di Bandung SEO Friendly

Mengapa Memilih Jasa Pembuatan Website di Bandung? Lagi nyari jasa pembuatan website profesional di Bandung? Anda sudah bertemu dengan artikel yang tepat. Silahkan lanjutkan untuk membaca yaa Keunggulan Pasar Digital di Bandung Bandung tidak hanya sekadar kota mode dan pendidikan,

Read More »
pentingnya customer journey dalam digital marketing (1)

Pentingnya Customer Journey dalam Digital Marketing

Customer journey merupakan konsep vital dalam ranah pemasaran digital yang memfasilitasi perusahaan untuk memahami dan menanggapi kebutuhan konsumen secara efektif. Dengan memahami setiap tahapan dalam perjalanan konsumen, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai untuk meningkatkan kesadaran merek, memperdalam keterlibatan

Read More »
Share:
Butuh Bantuan Digital Marketing?