Sukses atau tidaknya strategi marketing di Instagram sangat dipengaruhi oleh konten yang kita posting. – @onino99
Mengapa Harus Membuat Konten Instagram?
Mengelola Instagram adalah salah satu tindakan marketing yang wajib dilakukan jika kita menginginkan akun Instagram kita memberikan dampak positif terhadap peningkatan penjualan melalui internet. Media sosial adalah tempat dimana masyarakat digital berkumpul dan berinteraksi. Namun sayangnya tidak banyak orang yang bisa mengoptimalkan interaksi di media sosial terhadap konversi penjualan ataupun peningkatan brand produk miliknya.
[wbcr_js_snippet]: PHP snippets error (not passed the snippet ID): PHP snippets error (not passed the snippet ID): PHP snippets error (not passed the snippet ID)
Banyak orang yang merasa bingung, sudah membuat akun di berbagai platform media sosial seperti facebook, instagram atau youtube. Namun dari semuanya tidak memberikan efek baik untuk perkembangan bisnisnya. Sedangkan di sisi lain, ada orang-orang yang berhasil meraup sukses sangat tinggi dengan memanfaatkan instagram. Ini berarti bukan platform media sosialnya yang tidak baik, bisa jadi cara pengelolaan kita yang belum tepat. Sehingga membuat berbagai akun media sosial tidak memberikan dampak apapun.
Lalu bagaimana mengoptimalkan Instagram, facebook dan media sosial lainnya untuk bisnis? Yuk lanjutkan untuk membaca artikel ini sampai tuntas. Karena akan dibahas berbagai hal yang harus kita ketahui. Dan hal pertama yang harus diketahui adalah kesalahan apa yang harus dihindari saat menggunakan Instagram untuk bisnis kita.
Ketahui Kesalahan Pengguna Instagram
Pada artikel sebelumnya, telah dijelaskan 4 kesalahan umum pengguna instagram. Secara umum banyak sekali orang yang melakukan kesalahan tersebut. Mungkin bisa jadi Anda salah satunya juga. Kesalahan terjadi akibat kurangnya pemahaman mendasar mengenai media sosial. Perlu diketahui bahwasanya Instagram bukanlah media untuk jual beli secara langsung. Oleh karena itu, postingan kita pun sebaiknya jangan hanya sebatas langsung jualan. Tapi harus dibungkus sedemikian rupa dalam bentuk konten yang menarik untuk dibaca.
Anda bisa juga membaca tulisan lainnya, mengenai 5 Kesalahan Menggunakan Hashtag Instagram. Karena hashtag memegang peranan sangat penting ketika kita ingin menggunakan Instagram sebagai media pemasaran bisnis. Karena antara platform facebook dan instagram, secara umum mungkin tidak jauh berbeda. Namun dalam hal teknis, keduanya membutuhkan perlakuan yang berbeda. Karena antara karakter pengguna instagram dan facebook pun memang jauh berbeda.
Seperti Apa Konten Instagram yang Baik?
Setelah kita mengetahui beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam menggunakan instagram untuk pemasaran, sekarang saatnya kita mengetahui lebih jelas bagaimana membuat konten yang baik untuk memaksimalkan pemasaran di Instagram.
1. Konten Engagement
Engagement adalah salah satu istilah yang harus kita kenali dan kuasai dengan baik strateginya. Secara sederhana engagement dapat disamakan dengan kata interaksi. Semakin tinggi engagement yang kita dapatkan itu artinya semakin tinggi interaksi yang kita terima. Dengan engagement yang meningkat, postingan kita akan mendapatkan prioritas dari algoritma Instagram untuk ditampilkan kepada lebih banyak orang. Bahkan suatu kesuksesan dari engagement konten memungkinkan postingan kita masuk menu explore. Ini berarti postingan kita dapat dilihat oleh lebih banyak orang lagi, sekalipun dia belum atau tidak mengikuti akun instagram kita.
Lihat postingan ini di Instagram
Sebuah kiriman dibagikan oleh Onino – Digital Marketing Bdg (@onino99)
Lalu bagaimana cara membuat konten yang memiliki rate engagement tinggi? Silahkan baca lagi penjelasan lanjutannya.
a. Informatif
Konten informatif disini dapat berupa konten yang berkaitan menjelaskan manfaat dari produk kita, atau bisa juga konten yang bersifat informasi umum yang sedang trending. Titik utama dari konten informatif ini adalah memberikan manfaat kepada pembaca. Meskipun dalam postingan ini Anda tidak secara langsung jualan, tapi ini memiliki efek yang sangat baik untuk meningkatkan feed rank Instagram kita. Wah, apa itu feed rank? Nanti akan dibahas di artikel selanjutnya deh. Atau bisa juga saya share melalui instagram @ultimatoom.digital
b. Desain Menarik
Desain menarik memberikan kekuatan sebagai “stopping power”. Dengan desain yang menarik, bisa membuat orang lain menghentikan laju jempol ketika sedang melakukan scroll. Dan membuat desain menarik memang diperlukan beberapa software pendukung, dan yang paling utama adalah sense of art dari si desainer itu sendiri. Desain bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan konten Instagram. Namun desain itu sangat penting sebagai pendukung konten Instagram.
c. Konsisten
Konsistensi memegang peranan yang tidak kalah penting. Terkadang seseorang dengan kemampuan desain dan copywriting tinggi, bisa terkalahkan dengan orang yang memiliki skill biasa-biasa aja dikeduanya namun memiliki konsistensi posting yang tinggi. Karena pada dasarnya algoritma Instagram akan memberikan nilai yang lebih baik terhadap akun yang lebih loyal menggunakan Instagram. Dan ciri loyal tidaknya adalah dari seberapa konsisten posting kita.
2. Soft Selling
Soft selling adalah jualan secara tidak langsung. Bisa saja bentuknya dengan memposting konten informasi perihal 5 jenis makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Dan di akhir konten (baik caption atau slide foto), Anda menawarkan solusi anti diabetes. Memang memerlukan latihan yang lebih sering, agar kita terbiasa membuat konten dengan menyisipkan unsur penawaran didalamnya.
Anda bisa melihat contoh konten soft selling berikut ini:
Lihat postingan ini di Instagram
Sebuah kiriman dibagikan oleh Digital Marketing Bandung (@ultimatoom.digital)
3. Hard Selling
Mungkin ini adalah jenis konten yang paling sering diposting oleh kita, dan bisa jadi Anda juga salah satunya. Namun konten ini sebenarnya mendatangkan interaksi paling sedikit. Bahkan jika kita terus-menerus memposting hard selling, akan semakin mendapatkan skor buruk di mata algoritma instagram. Nah, dari mana algoritma tahu skor buruk? Ya dari jumlah interaksi yang diterima. Semakin sedikit interaksinya, disitu Instagram tidak akan menayangkan postingan kita kepada lebih banyak orang. Dan dapat dibayangkan, apa yang akan terjadi dengan akun Instagram bsinis Anda jika terus-menerus posting seperti ini?
Mencari Jasa Instagram (Konten/Posting/Desain)?
Dengan semakin meningkatkan kebutuhan konten instagram, membuat banyak sekali bermunculan jasa-jasa kelola instagram. Ada yang menawarkan hanya sebatas jasa desain feed instagram, jasa admin instagram, sampai dengan jasa setting Instagram shopping. Dengan banyaknya penawaran ini, mungkin membuat Anda menjadi bingung. Jasa mana yang tepat untuk bisnis Anda.
Jika Anda mencari agency jasa kelola instagram, atau lebih jauh lagi yakni jasa instagram marketing, setidaknya ada beberapa hal yang harus diketahui.
1. Jangan Sekedar Jasa Posting Instagram
Mungkin Anda pernah melihat penawaran jasa instagram marketing dengan biaya yang sangat murah, bahkan dibawah 1 juta. Namun coba cek dengan seksama, pelayanan seperti apa yang Anda dapatkan. Jika hanya sekedar posting saja, maka itu hal yang wajar. Namun jika ingin mendapatkan insight marketing yang lebih mendalam, sebaiknya Anda tidak hanya mencari jasa posting instagram saja. Marketing itu tentang segmentasi, mengukur dan mengevaluasi. Jika hanya sekedar posting, tidak mengukur maka akan sulit untuk mengevaluasi. Dengan kata lain, jasa posting saja itu bukan termasuk jasa optimasinya.
2. Bukan Sekedar Bagus Membuat Desain Konten Instagram
Jika Anda menemukan informasi Jasa desain konten instagram, ini juga sama. Sebaiknya pastikan lagi pelayanan apa yang akan didapatkan. Apakah sudah termasuk riset market, instagram tracking statistik, atau hanya desain saja. Perlu diingat lagi, bahwa konten yang bagus bukan sekedar bagus menurut kita. Namun bagus disini diukur dari pencapaian setiap postingan. Desain secara visual memang penting, namun seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa konten itu tidak hanya desain, tapi juga harus memuat value yang cocok untuk pangsa pasar bisnis kita.
Ultimatoom – Jasa Instagram Marketing dari Bandung
Di ultimatoom.com, sebagai agency digital marketing dan jasa privat memberikan layanan bukan sekedar posting dan juga bukan sekedar desain visual saja. Berikut point-point lebih yang akan Anda dapatkan jika bermitra dengan ultimatoom sebagai penyedia jasa kelola instagram marketing :
1. Support Team Kreatif
Keberadaan team sangatlah penting untuk pencapaian goal dan target bisnis. Dengan adanya team, sistem kerja bisa lebih spesifik dan detail karena dibagi kedalam beberapa divisi. Divisi-divisi di ultimatoom biasa disebut dengan team kreatif. Terdiri dari team riset, tim desain, tim copywriting dan juga tim analis data. Keempatnya bekerja sesuai dengan passion masing-masing, dan saling melakukan koordinasi secara rutin untuk memantau perkembangan instagram Anda.
2. Pakar Sebagai Narasumber dalam Berbagai Kegiatan Pelatihan
Selain itu, tim leader di ultimatoom sudah terkenal sebagai pakar dan pembicara digital marketing dalam berbagai event kegiatan yang diselenggarakan didalam maupun diluar kota Bandung. Sejak tahun 2013 sudah terjun langsung sebagai aktivis media sosial dan berbagai dengan berbagai institusi maupun komunitas. Sehingga untuk pengalaman teknis sudah tidak perlu diragukan lagi. Beberapa institusi yang pernah mengundang sebagai narasumber pemasaran digital adalah sebagai berikut:
- Kementrian Koperasi dan UMKM RI
- Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung
- Kampus STIE Subang
- Dinas Koperasi dan UMK Kota Cilegon
- Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Cilegon dalam rangka kegiatan sosialisasi pemanfaatan wifi gratis untuk pelaku UMK sebagai sarana pemasaran digital.
- Komunitas kampus
- Komunitas bisnis independen
Ingin mengetahui lebih jelas mengenai jasa instagram marketing dari Ultimatoom? Silahkan klik link di bawah ini:
Anda mungkin juga tertarik dengan artikel: Panduan Digital Marketing Dari Nol