Strategi SILO Untuk SEO On-Page dengan 4 Langkah Mudah

Daftar Topik Bahasan

Pernahkah Anda mendengar tentang struktur silo untuk SEO?

Struktur situs web Anda memainkan peran penting dalam bagaimana mesin pencari atau google mengindex dan memahami situs web Anda secara utuh. Jadi, jika situs Anda tidak terstruktur dengan baik menurut google, peluang Anda untuk mendapatkan peringkat baik untuk kata kunci target Anda akan terhambat. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu struktur SILO, keuntungan, kerugiannya, alternatifnya, dan cara membangunnya untuk situs web Anda. Sehingga web Anda dapat dengan mudah berada di halaman satu google.

Pilih Tema Website

Keahlian dalam menentukan topik materi (niche) dan tema halaman website yang jelas dari sebuah situs sangat penting dalam mempengaruhi peringkat SEO. Sebuah situs web harus memberikan informasi dalam struktur dan format yang jelas bagi mesin pencari, dan juga bagi visitor.

Proses optimasi SEO on-page untuk mencapai peringkat tinggi dimulai dengan pemahaman mendalam tentang tema suatu website. Ketika subjeknya jelas dan terpisah, mesin pencari dapat memahami artinya.

Jika situs ingin mendapatkan peringkat untuk lebih dari satu istilah umum, harus mempertimbangkan dengan hati-hati apa yang akan dilakukan dan tidak akan dilakukan.

Rata-rata peringkat SEO website hancur karena dua hal:

  1. Konten yang tidak relevan
  2. Memiliki sedikit konten

Maka dari itu sangat penting menguji data trafik historis web, dan melakukan analisa darimana sumber trafik dan tempat landing terbaik untuk mulai mengidentifikasi tema yang relevan untuk situs. Agar bisa mengetahuinya, periksa data dari:

  • Google Search Console
  • Google Analytic
  • Kata Kunci yang Ditarget
  • Data Kueri Kata Kunci

Setiap sumber data ini akan memberikan data mengenai siapa yang mengunjungi situs web Anda dan mengapa mereka mengunjunginya. Meskipun langkah ini tidak akan menjelaskan langsung mengapa website Anda tidak mendapatkan peringkat untuk kata kunci yang diinginkan, tetapi setidaknya dapat membantu dengan mengetahui tema halaman mana yang memiliki performa lebih baik dan mudah dikenali oleh algoritma google.

Penting untuk mengidentifikasi celah dalam silo Anda: area yang relevan tetapi tidak memiliki konten yang jelas di situs.

Ada banyak metode untuk menetapkan tema website yang jelas. Ini bisa membantu untuk memvisualisasikan kategori utama dan sekunder yang ingin Anda fokuskan di situs web Anda, menggunakan template komunitas atau daftar kerangka dasar dalam pemrosesan kata.

Setelah memutuskan tentang tema dan subtopik situs web, saatnya untuk menerapkan tema ke seluruh halaman. Memilih tema website yang memiliki optimasi silo di seluruh situs web memungkinkan mesin pencari dan visitor secara jelas mengenali bahwa halaman website Anda adalah relevan dengan kata kunci dan informasi yang dicari pengguna.

Kemungkinan besar, beberapa halaman Anda tidak akan cocok dengan rapi ke dalam kategori yang sudah Anda tetapkan, tetapi itu tidak apa-apa bagi beberapa dari mereka.

Misalnya, halaman “Tentang Kami” dan “Kontak” Anda dapat tetap berada di folder root Anda.

Namun, jika Anda memiliki banyak halaman tersisa, cari tema umum di antara mereka. Ini adalah metode sederhana untuk mengidentifikasi lebih banyak peluang silo konten di situs web Anda.

Bangun Tema Website dengan Struktur SILO

Dengan mengelompokkan halaman konten yang mirip di bawah satu direktori yang terorganisir dengan baik, silo direktori memperkuat tema.

Untuk menetapkan tema, diperlukan minimal lima halaman konten, masing-masing perlu dinamai untuk memperkuat materi subjek. Pengunjung dan mesin pencari mungkin dengan mudah melewatkan tujuan dan tema situs yang tidak memiliki struktur direktori yang jelas.

Semuanya harus dikelompokkan dengan rapi di tempatnya dan disimpan di bawah judul terstruktur yang tepat untuk silo direktori agar terorganisir dengan baik.

Setiap kategori yang berbeda memiliki judulnya sendiri.

Sistem penamaan direktori membantu menentukan apa yang harus dilakukan halaman-halaman ini. Menyelami format ini membuat tema Anda tidak tercampur.

Sebagian besar situs akan menemukan bahwa topik mereka cukup luas sehingga perlu dibagi menjadi beberapa kategori. Jika Anda menyadari bahwa salah satu silo Anda dapat dibagi lebih lanjut, Anda dapat membuat beberapa sub-silo.

Namun, pertahankan jumlahnya yang wajar. Pergi lebih dalam mungkin mengakibatkan halaman yang lebih dalam tidak menerima nilai tautan masuk yang cukup untuk dianggap relevan.

Silo lebih banyak memberikan ruang lebih banyak untuk kata kunci dan sinonim kata kunci. Semakin ketat silo Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci tertentu, terutama kata kunci ekor panjang.

Pastikan Anda tidak kehilangan jejak pada istilah yang lebih umum dalam prosesnya. Anda harus fokus pada kedua set istilah dalam silo Anda.

Pastikan Tema Website Mendukung Meta SILO

Perbedaan dengan struktur SILO Sebuah situs web dapat dianggap sebagai satu entitas yang ada di internet dan sebagai kumpulan halaman individu yang membentuk situs tersebut.

Mesin pencari mencoba mengkategorikan informasi pada situs web individu ke dalam kelompok konten. Tautan antar dan dalam situs web dilihat oleh mesin pencari sebagai indikator kuat tentang relevansi topik.

Untuk membuat kategori subjek yang jelas, silo virtual menggunakan struktur penautan lintas yang bertumpu. Dalam kata lain, halaman relevan yang menautkan ke halaman pendaratan teratas mendukung tema dari halaman pendaratan teratas.

Setiap halaman pendukung dalam silo virtual ditautkan ke halaman kategori pendaratan serta halaman pendukung lainnya untuk tema itu.

Jenis penautan halaman ini menciptakan dan memperkuat tema silo. Halaman tidak perlu berada dalam direktori yang sama untuk berada dalam silo yang sama dengan silo virtual; tema ditetapkan semata-mata melalui penggunaan tautan.

Misalnya, jika Anda ingin membuat silo virtual dengan lima halaman sebagai halaman dukungan. Semua lima halaman akan menautkan ke halaman pendaratan untuk membuat silo virtual.

Ini memberi tahu mesin pencari bahwa halaman-halaman ini terkait dengan dan mendukung topik yang disajikan pada halaman pendaratan. Kemudian, di setiap halaman, harus ada tautan ke setiap halaman dukungan lainnya dalam silo virtual.

Setiap halaman dukungan dalam hal ini akan menautkan ke empat halaman dukungan tambahan dari silo tersebut.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menyertakan navigasi pada halaman untuk menghubungkan halaman-halaman, efektif menciptakan peta situs-kategori pada halaman.

Anda perlu sangat berhati-hati untuk tidak merusak reputasi struktur silo Anda di mata algoritma saat menautkan ke halaman lain di situs web. Terutama ke halaman yang tidak berkaitan dengan konten Anda. Menautkan dari satu halaman dukungan ke halaman lain yang berbeda pembahasan, dalam sudut pandang teori silo hal itu akan melemahkan kedua website tersebut.

Jika Anda benar-benar harus menautkan dua halaman berbeda tema, Anda harus menggunakan atribut tautan rel = “nofollow”. Atribut tautan rel = “nofollow” memberi tahu mesin pencari untuk tidak perlu menghitung PageRank, indikator nilai tautan atau relevansinya.

Penautan lintas-silo dan lintas-silo, yang secara kolektif disebut penautan situs internal, adalah salah satu elemen penting dari praktik terbaik silo virtual. Penautan masuk, penautan keluar, dan penautan situs internal adalah tiga jenis penautan utama yang mempengaruhi peringkat kata kunci tinggi.

Untuk semua jenis penautan, teks anchor memiliki dampak langsung pada relevansi subjek. Meningkatkan struktur tautan Anda membawa audiens/pengunjung paling relevan ke situs Anda. Pengunjung jauh lebih mungkin mengklik hasil pencarian yang mencakup frase kata kunci yang paling relevan.

Situs dapat mendapatkan manfaat dari beberapa teks anchor tautan masuk yang mencakup frase kata kunci yang relevan dengan subjek untuk merangkai istilah terkait subjek. Namun, ini tidak boleh dipaksa atau terlalu repetitif; kata-katanya harus alami dan dalam variasi yang berbeda.

Perbanyak Membuat Konten yang Kaya Akan Kata Kunci

Konten sangat penting tetapi tidak semua konten dibuat sama. Untuk memenuhi standar yang dicari mesin pencari saat ini, konten Anda perlu ditulis dengan kualitas tertentu dalam pikiran.

Titik awal dalam membuat konten kaya kata kunci adalah melihat jumlah konten yang perlu ditulis untuk bersaing dalam hasil teratas.

Mengetahui dengan pasti berapa banyak konten yang Anda butuhkan untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari dapat sangat memberdayakan. Meskipun memiliki “cukup” konten tidak cukup untuk mendapatkan peringkat baik di mesin pencari, memiliki “cukup” diperlukan untuk naik ke puncak hasil pencarian.

Ada lebih banyak untuk peringkat situs web selain hanya menulis konten. Semakin tinggi peringkat sebuah situs web, semakin mungkin situs tersebut memiliki halaman paling banyak tentang suatu subjek tertentu.

Faktor lain, seperti otoritas keseluruhan situs, juga mempengaruhi peringkat halaman individual. Estimasi konten ini harus dievaluasi dengan cara yang sama dengan kategori silo lainnya, dan harus dipertimbangkan sebagai salah satu faktor dalam konstruksi silo secara keseluruhan.

Ketika melihat banyak kata kunci, kepadatan kata kunci bukanlah angka yang berarti; namun, ini adalah statistik yang berguna ketika menggambarkan setiap kata kunci atau frasa kata kunci tunggal.

Selain memahami volume konten situs Anda dan situs pesaing Anda, juga bermanfaat untuk mengevaluasi dan memahami bagaimana kata kunci dan kata-kata terkait digunakan di seluruh halaman konten situs untuk setiap kata kunci.

Meskipun tidak ada yang namanya “kepadatan kata kunci” yang ideal, angka ini dapat digunakan sebagai pedoman saat membuat dan merencanakan konten.

Ingatlah untuk fokus pada persentase kepadatan daripada frekuensi atau repetisi kata kunci yang digunakan melalui halaman konten.

Testimoni juga sangat penting. Buatlah komunitas yang berkembang dan aktif untuk menjaga pengunjung di situs Anda saat menghasilkan konten yang unik dan kaya kata kunci.

Berikan komunitas Anda kemampuan untuk membuat testimonial yang menarik tentang loyalitas mereka terhadap perusahaan. Biarkan pengguna membuat komunitas mereka sendiri dalam situs web dan buat konten yang melampaui testimonial pasif.

Seberapa Besar Struktur SILO Membantu Optimasi SEO Website?

Mesin pencari memiliki kemampuan pemahaman yang hebat. Tetapi tanpa struktur silo, mesin pencari tidak dapat mengatakan apa topik utama Anda dan bagaimana mereka diorganisir ke dalam subtopik.

Meningkatkan peringkat di google

Alasan utama Anda harus peduli dengan arsitektur situs web adalah untuk meningkatkan peringkat Google Anda. Juga benar bahwa arsitektur situs yang baik akan membantu halaman Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi untuk kata kunci target Anda.

Situs web yang terstruktur dengan baik dengan tautan internal membuatnya lebih mudah bagi crawler mesin pencari untuk menemukan dan mengindeks halaman Anda. Jika halaman Anda tidak terhubung dengan baik, akan sulit bagi crawler untuk menemukannya dan memberi Anda lalu lintas organik.

Halaman yang tidak terhubung lebih sulit untuk dijelajahi, diindeks, dan diberi peringkat.

Arsitektur situs web yang baik memberikan konteks kepada mesin pencari, memungkinkan mereka untuk memahami apa yang halaman Anda tentang dalam konteks seluruh situs web Anda.

Meningkatkan aliran otoritas dan pengindeksan

Keuntungan lain menggunakan arsitektur situs web yang terorganisir dengan baik adalah bahwa peringkat halaman mengalir lebih baik melalui situs Anda. Ini berarti bahwa hanya dengan mendapatkan tautan internal secara logis dan kontekstual, PageRank dari tautan eksternal akan mengalir ke semua halaman terkait dan membantu mereka mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google.

Membangun sub-topik dalam silo konten menunjukkan kepada mesin pencari bahwa situs web Anda memiliki otoritas topik untuk topik tersebut. Dan itu penting.

Karena konten situs web memainkan peran dalam kemampuannya untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci tertentu. Penting juga untuk mempertimbangkan berapa banyak konten terkait yang Anda miliki di situs web Anda. Ini juga membantu pengunjung manusia Anda.

Meningkatkan pengalaman pengguna

Arsitektur informasi yang logis dan tata letak situs web membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk menjelajahi situs Anda.

Ini meningkatkan peluang mereka untuk menjelajah, mengonversi, merekomendasikannya, dan melakukan segala hal lain yang datang dengan pengalaman pengguna yang hebat.

Ini akan memperpanjang waktu yang dihabiskan pengunjung di situs Anda. Selain itu, semakin lama seorang pengunjung tinggal di situs Anda, semakin tinggi halaman Anda akan muncul dalam hasil pencarian. Karena itu memberi tahu algoritma bahwa konten Anda membantu menjawab pertanyaan pencari.

Akibatnya, struktur silo meningkatkan pengalaman pengguna bagi pengunjung Anda, yang meningkatkan SEO Anda.

Apa Kelemahan Struktur SILO?

Dengan keuntungan yang disebutkan di atas, tidak mengherankan bahwa struktur silo sangat umum. Namun, ada beberapa kelemahan.

Alasan utama untuk ini adalah bahwa melarang tautan internal antara silo cukup merugikan. Dengan cara ini manfaat SEO dan manfaat pengguna yang dibawanya tidak bisa menggantikan kerugian yang disebabkannya.

Ide utama di balik silo SEO adalah menjaga jus link di dalam silo dan hanya menautkan secara internal ke halaman dalam bagian situs yang sama.

Namun, beberapa ahli percaya bahwa dalam konten, Anda harus menautkan ke halaman lain dari situs Anda jika itu masuk akal secara kontekstual.

Namun, begitu Anda melakukannya, Anda tidak lagi melakukan siloing.

Ada beberapa alternatif yang efisien untuk struktur Silo. Beberapa praktik terbaik untuk membuat situs web yang ramah SEO dan terstruktur dengan baik adalah:

  • Memanfaatkan struktur piramida
  • Termasuk tautan internal yang relevan
  • Membuat pusat konten untuk konten blog Anda.
  • Memastikan bahwa konten penting Anda mudah ditemukan

.Anda meletakkan konten paling penting Anda di bagian atas struktur piramida, diikuti oleh konten kedua paling penting Anda, dan akhirnya konten ketiga paling penting Anda.

Manfaat dari struktur piramida adalah:

Kemudahan navigasi: Pengunjung memulai di beranda, memilih kategori, dan kemudian lebih dalam.
Aliran PageRank yang baik: Karena beranda situs web paling mungkin menerima backlink, sangat masuk akal untuk menempatkan konten penting di sana.

Tautan internal: Kategori menautkan ke subkategori mereka masing-masing, dan sebaliknya.

Isu utama dengan struktur silo SEO adalah bahwa itu menghentikan kesempatan kontekstual yang relevan dari dihubungkan di luar silo. Menggunakan struktur piramida tanpa batasan semacam itu memecahkan masalah ini.

Hunian konten, seperti silo, dihubungkan oleh koleksi konten terkait. Satu-satunya perbedaan aktual antara hunian dan silo adalah bahwa Anda dapat menautkan antara hunian konten. Hunian konten menyediakan yang terbaik dari kedua dunia; konten terkait dikelompokkan dan saling terhubung (seperti dengan silo), tetapi Anda juga dapat menautkan secara internal antara halaman bila sesuai.

Kesimpulan Struktur SILO untuk Optimasi SEO on-page

Struktur silo meningkatkan aliran otoritas, pengalaman pengguna, dan, pada akhirnya, peringkat lebih tinggi di Google. Namun, struktur silo memiliki kelemahan, seperti sulitnya menautkan ke halaman tertentu atau membuat struktur situs yang kompleks. Jadi pastikan Anda memahami kedua metode tersebut dan tentukan mana yang sesuai dengan situs web Anda.

Jasa Optimasi SEO Terbaik 2024 

Konten Terbaru Lainnya

Jasa Pembuatan Website di Bandung SEO Friendly

Mengapa Memilih Jasa Pembuatan Website di Bandung? Lagi nyari jasa pembuatan website profesional di Bandung? Anda sudah bertemu dengan artikel yang tepat. Silahkan lanjutkan untuk membaca yaa Keunggulan Pasar Digital di Bandung Bandung tidak hanya sekadar kota mode dan pendidikan,

Read More »
pentingnya customer journey dalam digital marketing (1)

Pentingnya Customer Journey dalam Digital Marketing

Customer journey merupakan konsep vital dalam ranah pemasaran digital yang memfasilitasi perusahaan untuk memahami dan menanggapi kebutuhan konsumen secara efektif. Dengan memahami setiap tahapan dalam perjalanan konsumen, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai untuk meningkatkan kesadaran merek, memperdalam keterlibatan

Read More »
strategi link building untuk lokal SEO (1)

Link Building SEO Lokal, Banjir Ribuan Trafik

Pentingnya Strategi Link Building Lokal dalam SEO Bagi para pegiat SEO tentu sudah familiar dengan istilah link building. Ini adalah salah satu tahapan SEO off-page yang memberikan kontribusi besar dalam menentukan keberhasilan suatu halaman website berada di halaman pertama mesin

Read More »
Share:
Butuh Bantuan Digital Marketing?