Pakar dan Konsultan Digital Marketing di Bandung 2024

Daftar Topik Bahasan

Konsultan Digital Marketing Bandung

Anda sedang mencari seorang pakar dan konsultan digital marketing di Bandung? Informasi ini semoga dapat menjawab pertanyaan Anda. Memiliki divisi digital marketing saat ini memang seolah sudah menjadi satu keharusan yang tidak bisa ditinggalkan. Disaat internet sudah dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat, ternyata mempengaruhi perilaku dalam keseharian mereka. Dan tentunya, setiap perubahan perilaku adalah salah satu tantangan dalam dunia marketing, khususnya bagi Anda yang sudah memiliki bisnis sendiri.

pakar dan konsultan digital marketing di bandung

Contoh perubahan perilaku itu seperti ini. Kalau dulu, orang mau menginap di hotel, harus mencari di pusat kota yang ramai. Berjalan dari satu hotel ke hotel yang lainnya, mencari yang cocok dan nyaman untuk disinggahi. Kalau cocok harga dan suasananya, barulah Anda melakukan pemesanan di customer service.

Tapi saat ini sudah berbeda, orang datang ke hotel sudah melakukan pemesanan dan bahkan melakukan pembayaran juga. Jadi tidak perlu berjalan jauh menyusuri setiap hotel yang ada di keramaian kota. Orang-orang pun bahkan sudah bisa melakukan perbandingan harga dan fasilitas. Memilih dari jauh-jauh hari sebelum datang ke kota tujuan tempat menginapnya.

Nah apa jadinya jika bisnis Anda tidak bisa diakses informasinya di internet? Saya kira Anda sudah dapat menerka apa jawabannya.

Itulah alasannya mengapa membuat media promosi digital saat ini sangat penting sekali. Agar bisnis Anda mudah ditemukan oleh orang yang sedang mencarinya. Namun membuat media digital saja masih belum cukup. Anda harus memahami bagaimana strategi yang tepat untuk dapat merebut market. Apalagi ketika Anda harus menerima kenyataan bahwasanya competitor bisnis Anda pun sudah melakukan promosi terlebih dahulu di internet.

Akan tetapi, tidak ada kata terlambat untuk memulai. Anda hanya perlu bergegas mengejar ketinggalan jika saat ini bisnis Anda belum go online.

Manfaat Memiliki Konsultan Digital Marketing di Bandung

Bandung sebagai kota besar yang menjadi tujuan urbanisasi, memiliki banyak penduduk dengan keterampilan yang beragam. Mungkin mudah saja bagi Anda mencari seorang office boy, asalkan ada kemauan dan bersedia untuk dilatih untuk mengikuti prosedur pelayanan di perusahaan. Namun untuk mencari seorang digital marketing tidak semudah itu. Mengingat tidak semua orang memiliki pengalaman dan wawasan yang tepat untuk menjalankan promosi di internet.

Anda perlu menghire/merekrut karyawan tambahan yang memiliki skill khusus dalam digital marketing. Tapi hal ini akan menambah juga beban rutin bulanan yang harus ditanggung oleh bisnis Anda. Disinilah mengapa sebaiknya Anda mulai berfikir untuk merekrut pakar digital marketing</span sebagai konsultan dalam bisnis Anda.

Memiliki konsultan yang tidak terikat langsung sebagai karyawan Anda memiliki keunggulan tersendiri. Posisi konsultan dapat ditempatkan sebagai mitra, bukan bawahan. Sehingga proses brainstorming dapat berjalan lebih lancer dan terbuka. Anda tidak perlu merasa gengsi jika harus memaparkan kondisi perusahaan yang sebenarnya, karena posisi seorang konsultan bukanlah karyawan Anda. Sebagai seorang owner, tentunya Anda harus memiliki reputasi tetap baik dimata bawahan.

Baca juga: Keunggulan Memiliki Website Dibandingkan Media Sosial dan Marketplace untuk Bisnis

Berikut ini adalah beberapa manfaat memiliki konsultan digital marketing untuk bisnis Anda.

Percepatan Pertumbuhan Bisnis Anda

Seorang konsultan digital marketing tentunya sudah memiliki pengalaman yang mumpuni. Jadi Anda tidak perlu memberikan training kepadanya dalam waktu lama. Sehingga proses aktivasi digital marketing bisa lebih cepat dilakukan dengan proses yang efisien.

Karena apabila Anda memilih untuk merekrut orang baru, tentunya perlu diberikan pelatihan yang cukup agar memiliki skill yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda memiliki seorang digital marketing yang sudah tidak diragukan lagi ke-pakaran-nya, pastilah ini akan memberikan dampak kinerja lebih cepat.

Tidak Perlu Membuat Divisi Marketing Baru

Anda tidak perlu membuat divisi baru, merombak susunan koordinasi dalam perusahaan demi memenuhi kebutuhan man power digital marketing. Karena merombak struktur tak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih lagi perusahaan Anda tergolong perusahaan besar, yang memerlukan proses tidak sebentar untuk melakukannya.Dan kalaupun sudah terbentuk, perlu waktu untuk beradaptasi dengan struktur yang baru.

Namun Anda tidak perlu melakukan hal yang melelahkan tersebut apabila memiliki seorang konsultan digital marketing. Dia yang akan bertanggung jawab dalam menjalankan campaign digital produk dari bisnis Anda. Dengan spesifikasi skill kerja yang profesional dan sudah berpengalaman.

Tanggung Jawab Seorang Konsultan Digital Marketing

Pada saat Anda mulai berfikir untuk bekerjasama dengan konsultan digital marketing, tentu sempat terbesit di benak Anda perihal apa saja wilayah tanggung jawab seorang digital marketer. Sebagai owner atau penentu kebijakan, sebaiknya Anda mengetahui lebih jelas apa saja tanggung jawabnya. Agar dapat merekrut sesuai dengan kebutuhan dan memiliki kinerja yang efektif terhadap pertumbuhan penjualan bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi tanggung jawab seorang digital marketer.

konsultan digital marketing di bandung

Tanggung Jawab Terhadap Perencanaan

Seorang pakar atau konsultan digital marketing akan membuat sebuah perencanaan tertulis untuk dikaji terlebih dahulu dengan owner atau penentu kebijakan. Apakah strategi dan rencananya sudah sesuai dengna kebutuhan atau belum. Dalam proses perencanaan ini menjadi tanggung jawab besar seorang digital marketer. Anda harus memberikan KPI (Key Performance Indicator) sebagai acuan seorang digital marketer dalam membuat campaign plan.

Biasanya seorang konsultan akan menggali lebih dalam, sudah sampai dimana kesiapan tim dalam satu perusahaan dalam menjalankan digital marketing. Kemudian membuat strategi yang sesuai dengan target yang diinginkan oleh si pemilik bisnis. Lalu perencanaan yang sudah tertuang diatas kertas akan dibahas lebih dalam dan mendetail dengan perusahaan. Jika sudah oke dan disetujui, barulah mulai mengimplementasikan strategi yang sudah dibuatnya.

Mengawal Proses Digital Marketing

Setelah rencana disetujui, tanggung jawab selanjutnya seorang digital marketing adalah mengawal prosesnya agar tetap sesuai dengan strategi. Karena tak jarang dalam pelaksanaannya yang menyimpang dari tujuan dan goals digital marketing yang telah disetujui oleh owner.

Terlebih lagi dengan adanya kendala teknis yang diluar dugaan. Seorang konsultan digital marketing harus bisa mengantisipasi dan mencari solusinya namun tetap sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Kendala teknis sangat mungkin terjadi mengingat beberapa platform digital marketing, terutama media sosial ketika mereka memperbaharui kebijakannya.

Melakukan Evaluasi dan Optimasi

Dalam rentang waktu tertentu, proses digital marketing harus diukur dan dievaluasi. Misalnya seorang digital marketer membuat perencanaan selama 3 bulan pertama. Saat waktu tersebut habis, maka dilakukan evaluasi. Kemudian hasil evaluasi dibahas bersama-sama oleh pemilik bisnis.

Dari evaluasi tersebut biasanya secara umum aka nada dua gambaran, apakah strategi yang sudah dijalankan sudah baik atau belum. Dapat dikatakan baik apabila banyak KPI yang terpenuhi. Jika dinyatakan belum baik, akan dilakukan analisa untuk mencari apa penyebabnya. Untuk kemudian dijadikan sebagai catatan perbaikan dalam optimasi periode selanjutnya.

Proses Kerja Konsultan Digital Marketing

Setelah mengetahui apa saja tanggung jawab seorang konsultan digital marketing, kini saatnya Anda mengetahui proses apa saja yang harus dilalui setelah Anda memutuskan bermitra dengan seorang konsultan digital marketing. Karena melakukan promosi digital bukanlah sebuah proses yang instant. Perlu dilakukan beberapa tahapan sebelum memulai. Apa saja prosesnya?

Assesment (Deep Interview)

Pengertian assesment adalah aktivitas awal yang dilakukan seorang digital marketing untuk mengetahui secara pasti apa saja kendala dalam bisnis Anda dan juga bagaimana mencari solusinya. Proses ini dapat dilakukan secara tertulis maupun secara lisan dengan melakukan deep interview. Sebagai seorang owner, sebaiknya Anda mengungkapkan secara gamblang apa harapan dan juga kendala yang dihadapi dalam hal digital marketing. Agar seorang konsultan dapat mengetahui secara detail dan merumuskan solusinya untuk peningkatan bisnis Anda.

Persetujuan Kerjasama

Selanjutnya Anda perlu melakukan persetujuan dalam hal kerjasama yang akan dilakukan. Termasuk didalamnya menyepakati berapa biaya jasa konsultan yang harus Anda bayar setiap bulan atau selama kontrak yang ditetapkan. Semuanya tergantung dari kesanggupan masing-masing.

Persetujuan biasanya dibuat dalam bentuk MoU singkat, yang memuat ketentuan-ketentuan proses kerjasama. Pastikan Anda mempelajari terlebih dahulu MoU yang akan ditandatangani. Dibuat dalam rangkap dua dan ditandatangani oleh kedua belah pihak diatas materai.

Pakar Digital Marketing Terpercaya di Bandung

Sekarang Anda sudah mengetahui secara lengkap apa saja manfaat bermitra dengan pakar konsultan digital marketing. Jika Anda berdomisili di Bandung dan membutuhkan seorang pakar sebagai konsultan digital marketing, Anda dapat menghubungi www.ultimatoom.com.

Sebagai agency digital marketing yang telah berpengalaman menangani bisnis skala kecil dan menengah. Mungkin ada banyak informasi yang menyebutkan tentang pakar digital marketing di Bandung, namun dari sekian banyak informasi yang masuk sebaiknya Anda melakukan kroscek terlebih dahulu. Pastikan untuk memilih pakar yang sudah memiliki pengalaman dalam hal digital marketing.

Pakar dan Konsultan Digital Marketing Freelance

Anda bisa juga mencari konsultan digital marketing freelance. Di Bandung ada banyak sekali jasa ini, bahkan mereka yang masih berstatus mahasiswa pun biasanya ada saja yang menawarkan diri menjadi freelancer digital marketing untuk perusahaan Anda. Memang, bermitra dengan mahasiswa mungkin bisa dikatakan harga relative murah, namun tentu saja perihal keberhasilan tidak ditentukan dari seberapa murah, tapi dari seberapa banyak pengalaman seorang pakar digital marketing dalam menangani berbagai permasalahan promosi digital.

Biaya Konsultan Digital Marketing di Bandung Terhitung Lebih Murah

Dengan banyaknya pakar yang juga merangkap sebagai konsultan digital marketing di Bandung, membuat Anda memiliki banyak pilihan. Dari yang menawarkan harga murah, menengah sampai dengan harga mahal. Jika berbicara mengenai harga, semua tergantung dari kebutuhan dan kesanggupan Anda untuk menerima beban atas jasa konsultan yang akan digunakan.

Perkenalkan, ultimatoom.com Sebagai Agency Digital Marketing di Bandung

Ultimatoom sebagai digital marketing agency di Bandung telah menangani banyak pembuatan website, pengelolaan media sosial, iklan berbayar dan juga pembuatan landing page. Bukan hanya membuat, tapi juga ultimatoom akan melakukan analisa yang mendetail, memastikan semua media yang dibuat sesuai dengan kebutuhan klien.

beberapa layanan yang diberikan oleh ultimatoom.com adalah sebagai berikut:

  1. Jasa Pembuatan Website di Bandung
  2. Jasa Pembuatan Landingpage untuk Jualan
  3. Jasa Optimasi SEO Website di Bandung
  4. Jasa Kelola Konten Instagram

Dari 4 jasa, sebenarnya ada satu lagi yang tidak kalah pentingnya, yaitu jasa digital advertising. Anda bisa saja bekerjasama dengan ultimatoom untuk melakukan promosi digital jika sudah memiliki medianya. Namun jika belum, bisa dengan membuat dulu, dan prosesnya tentu saja akan dibantu oleh tim ultimatoom.com

Konten Terbaru Lainnya

Jasa Pembuatan Website di Bandung SEO Friendly

Mengapa Memilih Jasa Pembuatan Website di Bandung? Lagi nyari jasa pembuatan website profesional di Bandung? Anda sudah bertemu dengan artikel yang tepat. Silahkan lanjutkan untuk membaca yaa Keunggulan Pasar Digital di Bandung Bandung tidak hanya sekadar kota mode dan pendidikan,

Read More »
pentingnya customer journey dalam digital marketing (1)

Pentingnya Customer Journey dalam Digital Marketing

Customer journey merupakan konsep vital dalam ranah pemasaran digital yang memfasilitasi perusahaan untuk memahami dan menanggapi kebutuhan konsumen secara efektif. Dengan memahami setiap tahapan dalam perjalanan konsumen, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai untuk meningkatkan kesadaran merek, memperdalam keterlibatan

Read More »
strategi link building untuk lokal SEO (1)

Link Building SEO Lokal, Banjir Ribuan Trafik

Pentingnya Strategi Link Building Lokal dalam SEO Bagi para pegiat SEO tentu sudah familiar dengan istilah link building. Ini adalah salah satu tahapan SEO off-page yang memberikan kontribusi besar dalam menentukan keberhasilan suatu halaman website berada di halaman pertama mesin

Read More »
Share:
Butuh Bantuan Digital Marketing?